PENCARIAN HOTEL TERDEKAT DI KOTA MALANG MENGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE

  • Jaya Prasetyo.Adi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Location Based Service, Android, Aplikasi Hotel, LBS

Abstract

Perkembangan teknologi perangkat bergerak berjalan dengan sangat pesat. Salah satu sistem operasi yang sedang berkembang saat ini adalah sistem operasi Android yang diperkenalkan oleh Google. Location Based Service (LBS) merupakan salah satu bagian dari implementasi mobile GIS yang lebih cenderung memberikan fungsi terapan sehari-hari seperti menampilkan direktori kota, navigasi kendaraan, pencarian alamat serta jejaring sosial di banding fungsionalitas pada teknologi GIS popular untuk Field Based GIS. Dua unsur utama metode Location Based Service (LBS) adalah Location Manager (API Maps) yang digunakan untuk menampilkan, memanipulasi peta serta Location Providers (API Location) yang digunakan untuk pencarian lokasi.
Aplikasi pencarian hotel adalah salah satu aplikasi yang menggunakan system operasi android yang digunakan untuk memudahkan pengguna android untuk mencari aplikasi pencarian hotel terdekat di kota Malang agar wisatawan dari luar kota ingin mencari hotel di Kota Malang agar lebih mudah dan cepat untuk mencari hotel terdekat.. Dan aplikasi ini menggunakan metode Location Based Service (LBS) dan GPS pada google map untuk membantu menemukan lokasi hotel terdekat.
Setelah dilakukan proses pengujian terhadap aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menampilkan lokasi hotel yang berada di Kota Malang serta informasi terkait tentang hotel yang berisi nama hotel, alamat, nomer telepon, fasilitas, dan harga. Penerapan metode LBS (Location Based Service) pada aplikasi pencarian hotel dapat berjalan dengan baik dalam menentukan lokasi dari hotel yang terdekat dengan posisi user saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02