GAME PETUALANGAN SI MANGGE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Moh. Tarmizi Lakara Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Petualangan Si Mangge, FSM, NPC .

Abstract

Permainan atau sering disebut dengan game merupakan media hiburan yang sangat diminati hampir semua lapisan masyarakat baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Kualitas game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari kecerdasan buatan, konten yang disajikan dan lain sebagainya.
Kecerdasan buatan yang digunakan pada Game Petualangan Si Mangge adalah metode FSM (Finite State Machine), yaitu sebuah metodologi perancangan sistem dengan menggunakan tiga hal berikut : State (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi), sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan pada karakter NPC (Non Playable Character).
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan Finite State Machine (FSM) pada game ini karakter Non Playable Character (NPC) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, pengujian kecerdasan buatan persentase yang dicapai 100% berhasil dan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02