PENERAPAN METODE LINIER CONGRUENTIAL GENERATOR PADA APLIKASI MATERI BAHASA INGGRIS TINGKAT SMK BERBASIS ANDROID

  • Hoirul Anwar Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, linier congruential generator, materi bahasa inggris

Abstract

Penerapan metode Linier Congruential Generator pada Aplikasi materi bahasa inggris tingkat smk berbasis android dikhususkan untuk masyarakat yang ingin mengetahui tentang materi bahasa inggris merupakan suatu hal yang sangat membantu. Dimana seseorang dapat mengetahui lebih dalam tentang isi-isi yang terdapat pada materi bahasa inggris smk dengan mudah dan efisien. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengingat dan belajar tentang materi bahasa inggris secara mandiri. Sehingga pengguna dapat dengan mudah belajar materi-materi bahasa inggris tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mengikuti kelas bahasa inggris khusus.
Penerapan metode Linier Congruential Generator pada Aplikasi materi bahasa inggris tingkat smk merupakan salah satu pendekatan dalam sistem belajar yang mencakup dalam aspek kehidupan. Aplikasi ini dibuat menggunakan Eclipse Juno untuk menulis kode-kode program yang nantinya akan dibuat untuk menjalankan aplikasi materi bahasa inggris tingkat smk berbasis android. Dalam pembuatan aplikasi ini dibutuhkan beberapa tool yang digunakan yaitu Eclipse, SDK, JDK, AVD(Android Virtual Device),paint dan corel draw.
Hasil pengujian fungsional penerapa metode linier congruential generator pada aplikasi materi bahasa inggris berbasis android dengan akses sebagai pengguna berjalan sesuai fungsinya. Pada sistem operasi 4.1, 4.4 dan android versi 6.0. Semua fungsi berjalan sesuai dengan yang di inginkan. Aplikasi materi bahasa inggris dapat digunakan oleh masyarakat yang menggunakan android karena aplikasi hanya berjalan pada android. Berdasar hasil pengujian 10 user yang telah dilakukan diproses presentase 50% baik, 40% cukup, 10% kurang untuk tampilan, 60% baik, 30% cukup, 10% kurang untuk manfaat, 50% baik, 30% cukup, 20% kurang untuk informatif, 70% baik, 30% cukup untuk tingkat kemudahan, 50% baik, 50% cukup untuk fungsi yang tersedia, 80% baik, 10% cukup, 10% kurang untuk fungsi penerapan metode linier congruential geneator pada aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02