RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT PADA TANAMAN MELON MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Zulkifli Arief Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Diagnosis, Tanaman Melon, Certainty Factor, Mobile

Abstract

Tanaman melon dapat diserang berbagai macam penyakit. Hama dan penyakit tersebut dapat diketahui dari berbagai macam gejala-gejala yang ditimbulkannya, akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis penyakit yang menyerang tanaman melon tersebut dibutuhkan seorang pakar/ahli pertanian. Sedangkan jumlah pakar pertanian terbatas dan tidak dapat mengatasi permasalahan petani dalam waktu yang bersamaan.
Untuk mengatasi kurangnya jumlah pakar pertanaian dalam menangani penyakit tersebut dalam waktu yang bersamaan, maka kita dapat mencegahnya dengan cara mengetahui gejala-gejala yang terjadi pada tanaman melon tersebut. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, dengan mengumpulkan gejala-gejala yang tersebut dapat di implementasikan untuk menjadi sebuah sistem pakar. Sistem pakar adalah sebuah cabang dari kecerdasan buatan yang diciptakan untuk meniru kepintaran dalam menyelesaikan suatu masalah seperti seorang pakar berdasarkan pengetahun dan pengalamannya.
Metode yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan dapat di terapkan pada aplikasi ini adalah metode Certainty Factory. Metode ini berguna untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk matriks yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan kepada user berdasarkan quisioner yang dibagikan menunjukkan bahwa 80% pengguna menilai tampilan aplikasi sudah baik, 50% pengguna menilai aplikasi mudah digunakan, 60% pengguna menilai fitur diagnosis sudah baik, dan 85% pengguna menilai aplikasi ini bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02