APLIKASI IBU HAMIL RESIKO TINGGI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE LBS (LOCATION BASED SERVICE)

  • Ahmad Asbihani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SOS, Android, Location Based Service (LBS), Push Notification, Firebase Cloud Messaging.

Abstract

Kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti – nantikan setiap wanita, pada proses kehamilan pasti terdapat resiko – resiko yang akan terjadi, seperti halnya resiko tinggi yang dapat berpengaruh terhadap ibu hamil dan juga janinnya. Faktor pemicu kehamilan resiko tinggi seperti kehamilan tua, anemia, hipertensi, pendarahan, berat badan, dan sebagainya. Penulis mengembangkan sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Ibu Hamil Resiko Tinggi Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode LBS (Location Based Service).
Aplikasi Ibu Hamil Resiko Tinggi merupakan aplikasi yang memiliki fitur utamanya adalah memberikan notifikasi pasien jika membutuhkan pertolongan/tindakan ke bidan dan puskesmas. Tujuannya adalah untuk membantu ibu hamil terutama yang memiliki resiko tinggi agar dapat ditangani dengan cepat oleh bidan dan puskesmas setempat yang sudah terdaftar, dan meminimalisir resiko yang terjadi pada ibu hamil. Fitur tambahan berupa tombol call yang dapat membantu mempermudah komunikasi antara ibu hamil dan bidan.
Hasil pengujian fungsional menyimpulkan hasil pengujian berjalan dengan baik, sesuai dengan dengan kebutuhan aplikasi, dan aplikasi tidak dapat dipasang pada Android dengan versi dibawah 4.1. Hasil pengujian user menunjukkan bahwa, 62,5% pengguna menilai tampilan aplikasi sudah baik, 62,5% pengguna menilai aplikasi mudah digunakan, 62,5%% pengguna menilai fitur SOS sudah baik, 75% pengguna menilai fitur CALL sudah baik, dan 62,5% pengguna menilai aplikasi ini bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02