SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT KUCING MENGGUNAKAN METODE CETAINTY FECTOR BERBASIS WEB

  • Abdullah S Ulumando Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: penyakit kucing, Sistem Pakar, Metode certainty fector

Abstract

Penyakit pada kucing merupakan penyakit yang bisa menyerang pada kucing kapan saja Sebagian besar penyakit kucing yang terjadi pada kucing peliharaan sering dianggap remeh, dan apabila penyakit itu tidak segera ditangani maka akan terjadi lebih parah dan serius penanganannya. Oleh karena itu diperlukan suatu alat atau sistem yang memiliki kemampuan layaknya seorang dokter dalam mendiagnosa penyakit.
Sistem tersebut adalah sistem pakar yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke dalam komputer agar dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh pakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode certainty factor pada sistem diagnosa penyakit kulit pada kucing.
Metode certainty factor merupakan suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti. Metode ini memberikan ruang pada pakar dalam memberikan nilai keyakinan pada pengetahuan yang diungkapkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa certainty factor dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi ketidak pastian untuk diagnosa awal penyakit kulit pada kucing.
Metode yang digunakan untuk menentukan hasil kesimpulan dari keluaran sistem yaitu menggunakan metode certainty factor, sedangkan implementasi pembuatan aplikasinya menggunakan bahasa pemprograman website, dan penyimpanan data-data yang digunakan yaitu menggunakan MySQL.
Hasil akhir dari aplikasi berupa jenis penyakit berdasarkan dari gejala yang sudah dipilih. Berdasarkan penjabaran latar belakang di atas, maka penulis akan membangun suatu sistem pakar untuk diagnosa penyakit pada kucing dengan menggunakan metode certainty factor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02