SISTEM PAKAR DIAGNOSIS GIZI PADA BALITA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN MESIN INFERENSI FORWARD CHAINING BERBASIS WEBSITE

  • Sigit Nugraha Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Diagnosis Gizi, Certainty Factor, Forward Chaining

Abstract

Pengetahuan masyarakat tentang gizi saat ini masih sangat kurang, oleh karena itu masyarakat khususnya para orang tua harus mempunyai pengetahuan tentang gizi, agar dapat memberi tindakan awal yang harus dilakukan pada anaknya ketika mengalami gejala penyakit gizi. Penelitian ini dilakukan di UPT Puskesmas Polowijen Blimbing Malang, dengan seorang pakar ahli gizi Hani Febriyanti, A. Md. Gizi, dan data yang di dapat pun telah di konsultasikan langsung dengan pakar ahlinya tersebut.
Aplikasi sistem pakar ini menerapkan metode Certainty Factor (CF) sebagai metode perhitungan berdasarkan nilai gejala dari hasil wawancara dengan pakar ahli gizi dan mesin inferensi Forward Chaining sebagai penentu rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan.
Hasil pengujian keakuratan metode baik melalui simulasi program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama dan nilai presentase error yang dihasilkan 0,0273%. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai admin, user, dan pakar, berjalan sesuai fungsinya pada 4 browser yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Opera Mini. Semua fungsi dari sistem berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Pada pengujian sistem yang dilakukan untuk menguji keakuratan perhitungan sistem dan analisis perhitungan didapatkan nilai presentase error tertinggi 0,095%, error terendah 0,0026% dan rata-rata error sebesar 0,0273%. Dari rata-rata error sebesar 0,0273% dapat dikatakan sistem pakar ini cukup akurat karena memiliki nilai simpangan error yang cukup rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02