MEMBANGUN SERVER REPOSITORY DI WINDOWS GUNA MEMPERMUDAH PEMASANGAN APLIKASI PADA SISTEM OPERASI WINDOWS DI LABORATORIUM INFORMATIKA S-1 ITN MALANG

  • Supriyono Supriyono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Server, aplikasi, client, jaringan, repository, komputer

Abstract

Jaringan komputer merupakan bagian penting dalam sbuah instansi atau perusahaan yang menggunakan banyak komputer, dalam hal pertukarakan data dan informasi sebuah pesuhaan banyak mengandalkan jaringan komputer sebgai media pertukaran data itu sendiri karena difikir lebih efektif dan efesien. dalam jaringan komputer juga di kenal sebuah jaringan Client-Server dimana di dalam sebuah jaringan terdapat sebuah server yang berfungsi sebagai pusat pemberi layanan dan client sebagai penerima layanan.
Tak jarang server digunakan sebagai pemberi layanan penyedia aplikasi seperti pada server repository di linux, dalam jaringan ini digunakan server repository yang dibangun untuk destop windows pada cakupan sekala kecil (LAN) dimana setiap client dapat akses data berupa program aplikasi atau yang lebih dikenal program setup malalui jaringan seperi pada fungsi utama server repository yakni penyimapan data atau file di dalam sebuah directory.
Dengan adanya server ini di harapkan dapat mempermudah sebuah instansi dalam melakukan pemasangan aplikasi pada sistem oprasi windows sehingga dapat mempercepat penanganan masalah pada komputer yang mempunyai aplikasi yang rusak atau bahkan belum mempunyai aplikasi. Hasil ujicoba 10 user dari 10 user yang di ujikan pada server 70% berhasil dengan menggunakan seri windows7, windows 8 dan windows 10 menggunakan Net Framework 4.5.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02