SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN SMPTN DIKOTA MALANG

  • Ivandi Rifniansah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SMPTN,Sistem Pendukung Keputusan,TOPSIS,Pemilihan Bimbingan Belajar

Abstract

Persaingan untuk masuk perguruan tinggi negeri semakin tahun semakin meningkat. Tentunya dibantu dengan kesadaran para pelajar saat ini bahwa pendidikan itu penting dan menyelesaikan pendidikan meraka pada jenjang yang lebih tinggi. Banyak cara untuk mempersiapkan agar masuk perguruan tinggi yang diinginkan, salah satunya dengan bimbingan belajar, karna untuk masuk melalui seleksi SMPTN maka para pelajar SMA/SMK yang ingin meneruskan keperguruan tinggi harus melaui rata-rata raport setiap semesternya disetiap kelas 10 sampai smester ganjil kelas 12. Maka dari itu perlu persiapan sejak awal kelas 10 agar nilai raport setiap semester memenuhi syarat pada proses seleksi nanti. Dalam memilih LBB tersebut banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan sesuai yang diharapkan seperti jarak, harga, jumlah pertemuan, dll. Sistem yang dibuat untuk menunjang agar pelajar dalam memilih LBB dapat mengetahui alternatif yang bisa ia pilih.
Penelitian yang dilakaukan adlah pemilihan lembaga bimbingan belajar untuk prsiapan SMPTN di kota Malang dengan menerapkan metode TOPSIS (Technique for Order of preferens by Similiary toIdeal Solution.)
Dalam pemilihan metode ini karna metode tersebut adalah metode sistem pendukung keputusan yang mendaras sehinggga mudah dipahami.
Hasil pengujian penerapan metode pada program mempunyai keakurantan sebesar 99,9% dengan hasil perhitungan manualsehingga mempunyai hasil perhitungan yang sama. Dan menyatakan bahwa dari pengujian fungsional program tersebut berfungsi 100% dan bermanfaat bagi pengguna dalam mencari tempat bimbingan belajar dikota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02