APLIKASI HUKUM PIDANA BERKENDARA UNTUK MENGETAHUI SANKSI YANG DITERIMA PELANGGAR BERBASIS ANDROID

  • Mochammad Jafar Tri Febriansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Berkendara, Sanksi pidana,Hukum Pidana , Android.

Abstract

Berkendara Merupakan aktivitas sehari-hari bagi semua orang. Namun dalam berkendara masih banyak yang belum tahu aturan dan juga hukum pidana berkendara yang baik dan benar. Apabila melanggar kebanyakan pelanggar melakukkan pembayaran/penilangan ditempat dari pada harus menunggu lama di persidangan. Terlebih lagi banyak yang melakukkan aksi suap menyuap dengan alasan tidak mau direpotkan oleh hal-hal seperti pelanggaran berlalulintas. Untuk meningkatkan keingin tahuan pelanggar tentang hukum pidana berkendara, maka dibuat lah aplikasi hukum pidana berkendara untuk mengetahui sanksi yang diterima pelanggar berbasis android.
Sanksi pidana yang diberikan kepada pelanggar harus sesuai dengan apa yang dilakukannya, karena pelanggar belum tentu melakukannya secara sengaja ada juga yang melakukannya tanpa sengaja, sehingga sanksi yang diberikan harus sesuai dengan undang-undang berkendara, agar tidak terjadinya kesalahan dalam memberikan sanksi kepada para pelanggar.
Aplikasi ini dirancang sebagai aplikasi Informasi bagi para pengguna jalan dan pengendara berbasis andoid menggunakan Android Studio yang didalamnya terdapat menu hukum pidana berkendara, Sanksi yang diterima , Cari hukum. Terdapat juga menu petunjuk dan juga menu tentang. Dengan aplikasi ini diharapkan mempermudah para pelanggar agar mengetahui sanksi yang diterima dan apa saja hukum pidana berkendara yang benar. Dalam proses implementasinya, aplikasi hukum pidana berkendara untuk mengetahui sanksi yang diterima pelanggar berbasis android ini dapat digunakan kedalam sistem operasi Android antara versi 3.0 hingga versi 5.0 (Lolipop).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02