RANCANGAN APLIKASI ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEBUAH TOKO

  • Muchammad Andrianto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Database, Website, Android, Promosi, Qr Code

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya teknologi daelam bidang ecommerce. Salah satunya dengan menggunakan qr code sebagai code yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk yang dijual. Dengan menggunkan kode yang qr code ini banyak sekali keuntungannya dalam pemasaran karena dengan menggunkan kode qr code penjual dapat memberikan informasi berharga seperti alamat website dari penjual, ataupun dapat juga digunakan untuk menampilkan promosi apa saja yang dimiliki oleh toko.
Salah satu perangkat elektronik yang sangat berpengaruh sebagai media promosi adalah smartphone. Sistem operasi yang digunakan pada umumnya adalah android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi qr code yang dapat memudahkan pembeli dan penjual dalam memberikan informasi tentang promosi yang dimiliki oleh pihak toko. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Android Studio serta di padukan dengan database agar aplikasi menjadi dinamis yang memiliki kemampuan scanner pada kode qr code serta dapat menerjemahkan pesan yang terdapat didalam qr code dan dapat mengakses web toko yang tersimpan didalam database.
Dengan aplikasi ini semua costomer dapat melihat promosi yang di miliki toko dengan mudah dan tidak akan terlewatkan satu informasi tentang promo yang dimiliki oleh toko. Untuk pihak toko aplikasi ini dapat membantu pemilik toko dalam memberikan informasi mengenai promosi yang mereka miliki. Untuk itu menurut customer apliksi ini dapat membantu mereka dalam mencari innformasi mengenai promosi toko. Aplikasi ini juga dapat melakukan scanner dengan baik, karena dapat menampilkan promosi yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02