EVALUASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN E-WALLET PADA MASYARAKAT KOTA SURABAYA: IMPLEMENTASI MODEL UTAUT2 DAN VARIABEL TRUST
Abstract
Financial technology, atau biasa dikenal dengan fintech, merupakan penggabungan antara layanan keuangan dan teknologi. Salah satu bentuk pemanfaatan fintech yang semakin populer adalah dompet elektronik atau e-wallet. E-wallet merupakan platform keuangan berbasis digital yang membantu pengguna untuk menyimpan sejumlah uang serta melakukan berbagai jenis pembayaran, hanya dengan menggunakan telepon seluler. Popularitas e-wallet yang terus meningkat telah memunculkan berbagai pilihan jenis e-wallet, sehingga hal ini menciptakan perbedaan dalam peringkat dan tingkat adopsi setiap platform di kalangan pengguna, sekaligus mendorong tingkat persaingan yang semakin ketat di antara para penyedia layanan e-wallet. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat adopsi dan penggunaan e-wallet di Kota Surabaya dengan menggunakan model UTAUT2 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan variabel kepercayaan (trust). Proses analisis dilakukan dengan metode SEM-PLS dengan melibatkan 738 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari sebelas hipotesis yang diajukan, tiga hipotesis dinyatakan tidak signifikan dan ditolak, sedangkan delapan hipotesis lainnya dinyatakan signifikan dan diterima. Adapun faktor-faktor yang terbukti berpengaruh dalam menentukan niat pengguna dalam menggunakan e-wallet meliputi social influence, hedonic motivation, price value, habit, dan trust. Hasil ini diperoleh berdasarkan hasil pada pengujian path coefficient, di mana hipotesis dianggap signifikan dan diterima jika nilai p-value < 0.05 dan nilai t-statistic ≥ 1.96.
Downloads
Copyright (c) 2025 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.