PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “CASTLE OF ILLUSION”

  • Achmad Badruddin Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game adventure, Castle Of Illusion, finite state machine, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang
dewasa sebagai sarana refreshing untuk mengisi waktu luang. Game dikembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang
paling populer adalah permainan petualangan, dimana permainan petualangan memiliki jalan cerita yang bermacam-
macam, dan juga pada permainan petualangan selalu membuat para pemainnya penasaran akan akhir cerita dari game
petualangan tersebut. Game adventure Castle Of Illusion merupakan permainan petualangan dimana pemain akan
menjalankan karakter seorang kesatria yang harus menyelamatkan hasil bumi yg telah di curi oleh seorang penyihir jahat
jahat dan juga para pengikutnya.
Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State
Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang
digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss
yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure
“Castle Of Illusion” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan
aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian yang dilakukan pada 10 orang yang
berbeda maka mendapatkan hasil sebagai berikut, 2 orang menyatakan cukup, 6 orang menyatakan baik, 2 orang
menyatakan baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27