RANCANG BANGUN GAME NINJA AND THE LOST TRASURE MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Christianto Dwijo Sapuytra Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang,
Keywords: Game Ninja And The Lost Treasure, Finite State Machine, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak- anak
hingga orang dewasa. Game ini di kembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang paling populer adalah
permainanan, di mana permainan memiliki jalan cerita yang bermacam macam, dan juga pada permainan selalu
membuat permainan penasaran akan akhir cerita game tersebut.game Shooter Platformer merupakan permainan
di mana permainan akan menjalakan karakter shooter platformer yang harus menyelamatkan bumi dari
kehancuran yang ingi di kuasai oleh musuh dan pengikutnya.
Dalam game ini menggunakan sofware Unity 3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite
State Machine). FSM di gunakan pada karakter NPC (Non playable Character) yaitu karakter yang digerakan
oleh kecerdasan buatan yang di gunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy yang di
gunakan tiga hal yaitu : keadaan, kejadian, dan aksi.
Dari pengujian yang telah di lakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM pada game Ninja And The Lost
Trasure ini karakter NPC dapat mendektesi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh
tanpa melitbahkan pengguna game anak-anak SD sampai orang dewasa. Dari hasil pengujian persentase yang di
capai yaitu 100%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27