GAME “EDUKASI MATEMATIKA” MENGGUNAKAN METODE PATH FINDING BERBASIS DEKSTOP

  • Saputra Setiawan Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang,
Keywords: game, Edukasi Matematika, Path Finding

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang kuat pada
berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan ini komputer
merupakan alat yang sudah tidak asing lagi untuk di gunakan dalam proses pembelajaran. Dari beberapa
penelitian dapat diketahui bahwa dengan penggunaan media yang melibatkan komputer ini dapat
meningnkatkan prestasi dan motivasi belajar. Mata pelajaran matematika untuk sekolah dasar adalah ilmu pasti
yang akan dipelajari siswa-siswa, dimana pelajarannya yang satu ini banyak siswa yang tidak menyukainya
karena di anggap sangat sulit, dengan adanya game edukasi ini siswa mampu belajar dan bisa memahami teka-
teki yang ada dalam game.
Berdasarkan observasi penulis yang di lakukan SDN 001 Tanjung Palas di kabupaten Bulungan
Kalimantan Utara, yang dilaksanakan masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru dan Kepala Sekolah.
Pembelajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan siswa
juga terasa membosankan. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang menarik agar siswa bisa
belajar dan bermain.
Dari berbagai hal diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan denga judul “Game
Edukasi Matematika Menggunakan Metode “PATH FINDING” Berbsis Dekstop” yang dimana ditujukan untuk
siswa sekolah dasar kelas I (Satu).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27