PERBANDINGAN PENERAPAN METODE TOPSIS DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GAJI KARYAWAN DI PT BUNGA RAYA BIMA NTB

  • M. Adil Zayushan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Penentuan Penggajian, Sistem Pendukung Keputusan, Topsis, Weighted Product (WP)

Abstract

Dalam menentukan penggajian pegawai, PT Bunga Raya melalukan dengan cara membagikan gaji karyawan berdasarkan jabatan atau posisi serta berdasarkan jumlah kehadiran. Sehingga di perlukan sebuah sistem yang baru yang dapat mendukung dan mempermudah dalam proses penyeleksian untuk meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan gaji karyawan.
Sistem baru yang dimaksud tersebut adalah sistem pendukung keputusan yang merupakan suatu seperangakat yang mampu memecahkan masalah secara efektif dan efisian, yang bertujuan untuk membantu pengambilan keputusan memilih berbagai alternatif, keputusan merupakan hasil pengolahan informasi yang diperoleh atau tersedia dengan menggunakan model pengambilan keputusan. Pada sistem ini pergunakan metode TOPSIS sebagai salah satu metode yang bisa membantu proses pengambilan keputusan yang optimal untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis. Sebagai pembanding digunakan metode Weighted Product (WP). Metode ini mengevaluasi beberapa alternatif terhadap sekumpulan atribut atau kriteria, dimana setiap atribut saling tidak bergantung satu dengan yang lainnya. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, diharapkan dapat membantu pengerjaan serta mempercepat proses perhitungan gaji karyawan karena proses ini dilakukan secara otomatis serta meminimalisir kesalahan dan mempermudah dalam perhitungan gaji.
Dari hasil pengujian fungsional yang dilakukan pada beberapa browser berbeda yaitu Chrome, Firefox, dan Internet Explorer, diperoleh bahwa semua fungsi yang terdapat dalam aplikasi 100% dapat berjalan dengan baik serta dari hasil pengujian aplikasi pada 10 pengguna didapatkan bahwa, 7 menyatakan system mudah untuk digunakan, 5 menyatakan desain aplikasi (user interface) sudah menarik atau sesuai, 7 menyatakan menu pada aplikasi sudah lengkap dan 8 menyatakan fungsi pada system berjalan dengan baik dan sesuai. Dan hasil perbandingan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada masing-masing variabel perbandingan yang dilakukan pada kedua metode tersebut, diantaranya jumlah proses, jumlah iterasi yang terjadi selama proses perhitungan metode dan estimasi waktu yang dibutuhkan keseluruhan proses.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02