SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN PINJAMAN KUPEDES DI BANK BRI UNIT LAMONGAN KOTA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

  • Aditya Hita Madyasta Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pemberian Keputusan, TOPSIS, Pemberian Pinjaman, Visual Basic, SQL Server

Abstract

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah lembaga keuangan yang melayani masyarakat dalam hal simpan pinjam uang. Ada beberapa kriteria yang diberikan dalam pengambilan keputusan pemberian pinjaman. Dari kriteria-kriteria tersebut digunakan untuk penilaian pemberian pinjaman KUPEDES di bank BRI unit Lamongan Kota. Kriteria yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini ada 5 yaitu Permintaan Pinjaman, Penghasilan Usaha, Lama Usaha, Umur dan Kelengkapan Administrasi.
Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan pengambilan keputusan dalam pemberian pinjaman KUPEDES di Bank BRI unit Lamongan Kota dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution) yang diimplementasikan dengan menggunakan pemrograman Visual Basic, dan Database yang digunakan adalah Microsoft SQL Server.
Dari hasil pengujian aplikasi yang telah dibuat, mendapatkan hasil bahwa semua tampilan dan fungsi pada aplikasi ini dapat berjalan 100% pada 3 sistem operasi yang berbeda yaitu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Selain itu juga berdasarkan perbandingan hasil perhitungan manual dengan sistem diambil 11 alternatif yang dihitung menggunakan metode TOPSIS menghasilkan nilai rata-rata error 0.083 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02