RANCANG BANGUN GAME “JACK THE GIANT KILLER” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY LOGIC

  • Fegi Amanda Dwi Kusumawardani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Fuzzy Logic, Finite State Machine, Game

Abstract

Ide cerita pada sebuah game dapat diangkat dari kehidupan nyata, olah raga, maupun cerita rakyat atau cerita dongeng. Seperti cerita dongeng “Jack and the Beanstalk” yang bercerita tentang pertualangan Jack untuk mengalahkan raksasa dengan terlebih dahulu menghadapi karakter musuh lainnya. Karakter musuh/ karakter non-player dalam sebuah game berperan sebagai salah satu rintangan yang harus dihadapi oleh player. Perilaku karakter non-player dapat dibuat layaknya manusia atau hewan dengan menambahkan kecerdasan buatan di dalamnya. Salah satunya adalah metode Finite State Machine dan metode Fuzzy Logic. Metode Finite State Machine akan memberikan respon perubahan state perilaku. Sedangkan, metode Fuzzy Logic akan mengatur perilaku musuh berdasarkan nilai input yang dapat bernilai benar atau salah secara bersamaan. Game dikembangkan dengan menggunakan Unity 5.3.1 dan Adobe PhotoshopCS6 sebagai game engine dan karakter desain. Pengujian metode Finite State Machine dan Fuzzy Logic didapat hasil yang sesuai seperti musuh dapat bergerak dengan otomatis sesuai kecerdasan yang diterapkan pada karakter. Terdapat perbedaan hasil output pada perhitungan Fuzzy Logic antara game dan Matlab sebesar 2.4132%. Pada pengujian fungsional dari 20 aspek didapat seemua fungsi berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02