PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE “FRANCO”

  • Naiman Fahrudin Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Adventure Franco, FSM

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang saat ini sudah banyak diminati oleh kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Selain itu aplikasi komputer pada saat ini juga berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu hiburan utama untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi aspek ini belum di tanggapi serius oleh masyarakat Indonesia, padahal developer lokal sendiri seharusnya bisa bersaing dengan developer negara-negara lain seperti Amerika dan Jepang yang menjadi negara penghasil game terbesar didunia saat ini.
Dalam menanggapi diatas maka penulis mencoba mengembangkan sebuah game Adventure “Franco” menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi, sehingga enemy dapat bergerak secara otomatis tanpa melibatkan player.
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Franco” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian control player dicapai 100% berhasil, pengujian fungsional dicapai 100% berhasil, pengujian AI (Artificial Intelligence) persentase yang di capai yaitu 100 % dan pengujian user persentase yang di capai yaitu 70 % baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02