SISITEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BAESISWA BANTUAN bSISWA MISKIN (BSM) KEPADA SISWA SMAN 1 LUNYUK NTB DENGAN METODE TOPSIS

  • Satria Ardiansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: sistem pendukung keputusan, TOPSIS, pemberian beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM)

Abstract

Pemberian Beasiswa kepada kepada siswa miskin merupakan program pemerintah yang wajib dilakukan di setiap sekolah baik SD,SMP,dan SMA agar tidak terjadi siswa yang putus sekolah. Seperti halnya SMAN 1 Lunyuk Nusa Tenggara Barat yang tiap tahun penerimaan Beasiswa untuk siswa semakin meningkat peminat yang mendaftar. Sejauh ini sistem yang digunakan pada proses pengolahan data penerima beasiswa masih diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, sehingga sering terjadi kesalahan pada proses penentuan pemberian beasiswa. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses penerimaan beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan agar prosesnya cepat dan akurat.
Pada proses penelitian ini, maka dibuatlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan sekolah SMAN 1 Lunyuk Nusa Tenggara Barat dalam proses pemberian beasiswa kepada siswa dengan menggunakan metode Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Kriteria yang digunakan pada Sistem Pendukung Keputusan ini adalah penghasilan orang tua, jumlah saudara, semester,dan rata-rata rapot. Aplikasi pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic, dan Database menggunakan SQL server.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02