GAME ADVENTURE “DESSET ISLAND” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Cecep Suriyadi B Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Dessert Island, FSM, NPC

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini sangat pesat, termasuk di Indonesia dan salah satunya adalah perkembangan game.Game bisa dibilang sebagai media hiburan dikala waktu senggang dan game kini telah menyebar ke berbagai kalangan mulai dari orang tua sampai anak-anak. Selain sebagai media hiburan, game juga bisa dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game bertema Petualangan “Dessert Island”, dimana game ini terdapat beberapa misi dan tujuan utama untuk memperkenalkan dessert yang dari seluruh dunia melalui musuh yang telah dikalahkan oleh player. Kecerdasan buatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FSM (Finite State Machine), yaitu sebuah metodologi perancangan sistem dengan menggunakan tiga hal berikut : State (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi), sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan pada karakter NPC (Non Playable Character).
Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan kecerdasan buatan Finite State Machine yang diterapkan pada Non Playable Character (NPC), dimana Non Playable Character dapat mendeteksi keberadaan player dan aksi yang akan dilakukan ketika player terdeteksi. Dari pengujian menggunakan metode Finite State Machine yang telah diterapkan pada Non Playable Character didapatkan persentase yang dicapai adalah 100% berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02