SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMASANGAN ANTENA PADA TOWER BTS (Base Transceiver Station) BERSAMA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS KOTA MALANG)

  • Ilham Putra Sanur Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Web, TOPSIS, Tower BTS, Antena Operator, Malang

Abstract

Informasi di zaman modern ini sudah sangatlah mudah di akses, bahkan informasi mengenai negara yang berada di benua yang jauh disana dapat kita terima hanya dalam beberapa menit saja. Ini semua dapat kita nikmati tidak lepas dari peran sebuah perangkat yakni BTS (Base Transceiver Station) yang berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Namun pembangunan tower BTS serta pemasangan antena oleh operator juga biasanya hanya terfokus pada daerah terntu saja, sehingga masyarakat yang tinggal di pelosok masih belum merasakan kualitas jaringan yang memadai, sehingga tidak adanya pemerataan.
Mengembangkan dan menghasilkan web sistem pendukung keputusan penentuan lokasi tower BTS bersama di Kota Malang dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Performance of Similarity to Ideal Solution) yang dapat menentukan lokasi ideal untuk melakukan pemasangan antena pada tower BTS bersama merupakan suatu langkah yang dilakukan agar pemerataan kualitas jaringan dapat terwujud.
Berdasarkan hasil pengujian aplikasi SPK lokasi tower BTS dapat dijalankan pada web browser mozilla firefox, google chrome, intener explorer serta pengujian perhitungan metode topsis dapat dilakukan dengan hasil yang benar, namun tampilan halaman masih sangat sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02