PENERAPAN DAMSTER SHAFER UNTUK MENENTUKAN TIPE AUTISME PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

  • Muh Thariq Hasan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Damster Shafer, Android, Autisme,Sistem Pakar, Anak Usia Dini

Abstract

Autisme adalah sebuah gangguan pertumbuhan mental dan perilaku pada seseorang. Autisme ini diderita dari lahir atau dalam kandungan, faktor ini disebebakan oleh berbagai hal seperti menkonsumsi makanan tidak sehat ketika mengandung a tau keturunan genetika dan lingkungan hidup. Autisme ini dapat terlihat sejak umur 6 bulan. Untuk mengetahui tipe autisme yang didiagnosa guna mendapatkan terapi yang membantu tumbuh kembangnya. Pasien harus berkonsultasi secara langsung. Apabila masalah ini diatasi dengan mengkomputerisasi proses konsultasi maka akan dapat mengefektifkan waktu dan biaya.
Implementasi akan dilakukan menggunakan berbagai software seperti phpmyadmin dan android studio. Dimana dalam pengembangannya menggunakan metode damster shafer untuk menghitung gejala yang telah dipilih oleh user. Dengan perhitungan menggunakan metode damster shafer ini diharapkan mampu mengeluarkan diagnosa yang tepat. Damster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions (fungsi kepercayaan) dan plausible reasoning (pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Teori ini dikembangkan oleh Arthur p. Dempster dan Glerur Shafer.
Berdasarkan pengujian diketahui: (1) semua fitur yang ada dalam aplikasi berjalan sukses minimal pada OS android versi Kitkat 4.0 dan (2) mayoritas user menilai bahwa aplikasi sistem pakar berjalan dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02