SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBJEK WISATA DI SULAWESI SELATAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FUZZY TAHANI

  • A Muh Noor Trifardi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: fuzzy, Android, Spk, Objek Wisata, Mysql

Abstract

Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang memiliki banyak objek parawisata sehingga percepatan informasi sangat menunjang parawisata yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Informasi yang dibutuhkan tidak hanya lokasi fasilitas umum dan jalan tetapi bagaimana menentukan objek wisata yang efisien dengan cepat dan tepat sesuai jarak, harga, dan fasilitas yang tersedia dari objek wisata tersebut. Namun di Sulawesi Selatan belum ada sistem yang dapat menanggulangi masalah tersebut, sehingga untuk membantu para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan dibutuhkan sebuah sistem yang mudah dijangkau oleh wisatawan, sehingga wisatawan dapat dengan mudah mendapatkan informasi objek wisata serta menentukan objek wisata yang akan dikunjungi.
Penulis membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan(SPK) Pemilihan Objek Wisata di Sulawesi Selatan Berbasis Android Menggunakan Metode Fuzzy Tahani untuk membantu menyelesaikan masalah wisatawan dalam memilih objek wisata dan mudah dijangkau oleh wisatawan melalui smartphone karena berbasis android. Sistem tersebut juga memiliki data yang realtime karena terhubung langsung ke database mysql yang dimana admin dapat merubah data dari objek wisata jika ada pembaharuan sehingga sistem menjadi lebih dinamis.
Hasil pengujian fungsional menyimpulkan bahwa semua fungsi berjalan dengan lancar pada versi android Jelly Bean 4.1 Api 16 sampai dengan versi android Nougat 7.0 Api 25. Kemudian untuk hasil pengujian pada 28 user menunjukan bahwa 82.1% menilai tampilan baik, serta 71,4% user menilai mudah digunakan, kemudian dari segi informasi 71,4% user menilai baik dan terakhir 71,4% user menilai baik untuk penggunaan fungsi pemilihan objek wisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02