GAME EDUKASI “MATH RACE” UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA SMA/SMK BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR

  • Muh. Kasim Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: math race, edukasi, racing game, matematika, linear congruential generator

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang menjadi pilihan anak untuk menghilangkan kejenuhan atau hanya untuk sekedar mengisi waktu luang. Selain menjadi media hiburan, game juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak seseorang dalam daya motorik, afeksi, kognitif, spiritual, dan keseimbangan sehingga mencerdaskan kemampuan otak. Kebanyakan game untuk saat ini hanya digunakan sebagai permainan yang mengandung sebuah tantangan dan hiburan, tetapi dari sisi edukasi kurang dikembangkan bagi anak-anak maupun bagi siswa untuk dapat meningkatkan minat belajar mereka. Adanya game bertema edukasi dapat membantu siswa bermain sambil belajar. Namun, game edukasi yang beredar biasanya masih monoton dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama pada stage yang sama.Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah algoritma atau metode pengacakan yang dapat digunakan untuk melakukan pengacakan pada soal yang akan di tampilkan. Sehingga berkesan lebih variatif. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode Linear Congruential Generator (LCG), dimana metode LCG berfungsi untuk mengacak pertanyaan yang ada pada aplikasi secara random. Dengan penerapan metode ini, representasi pertanyaan menjadi lebih variatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode Linear Congruential Generator dapat membangkitkan bilangan acak yang kemudian diproses menjadi pertanyaan. Dengan menggunakan bilangan yang dibangkitkan oleh metode Linear Congruential Generator dapat dihasilkan pertanyaan yang berbeda meskipun di stage yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02