PENGATURAN PERILAKU KARAKTER NON PLAYER PADA GAME 2D BUILD YOUR CITY MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Lily Karuniasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Finite State Machine, Game 2D Build Your City, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang sangat banyak diminati oleh kalangan tua, muda dan anak yang pada umumnya untuk memperoleh kesenangan dan mengisi waktu kejenuhan semata, namun dengan kemajuan teknologi saat ini berbagai macam game telah tercipta tidak hanya untuk tujuan kesenangan. Peran masyarakat tidak hanya dilakukan pada kaum dewasa namun juga perlu ditanamkan sejak dini sebagai subjek pembangunan kota melalui game. Berdasarkan pemaparan diatas, penulis ingin mengembangkan sebuah game genre adventure dengan topik pembangunan kota yang berjudul “Pengaturan Perilaku Non Player pada Game 2D Build Your City Menggunakan Metode Finite State Machine.”
Metode FSM diterapkan untuk merancang perilaku musuh. Penerapan metode FSM digunakan untuk proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 3 level yang mana pemain menyelesaikan setiap level untuk dapat melanjutkan ke level berikutnya. Penerapan metode FSM pada adventure game digunakan untuk memperlancar alur permainan yang diterapkan pada tiap level. FSM terdiri dari serangkaian state yang menentukan keputusan.
Pada pengujian implementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity didapatkan hasil yang sesuai. Pada pengujian fungsional dari 21 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukan terhadap 20 responden didapatkan hasil rata-rata dari 10 aspek yang ditanyakan mayoritas responden menjawab baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02