RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI DAN PENGADUAN PELAYANAN KEAMANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN SMS GATEWAY STUDI KASUS (POLSEK HARUAI kalimantan selatan)

  • Mohammad Agil Rihbhakti Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SMS gateway, Codeigniter, Broadcast SMS, Gammu, Auto responder, grafik SMS

Abstract

Teknologi SMS gateway kini merambah ke berbagai bidang, salah satunya untuk pelayanan di kantor polisi sektor haruai. Pada saat ini layanan informasi dan pengaduan masih belum memadai untuk masyarakat di wilayah kantor tersebut. Selain itu, belum memiliki layanan SMS secara terpusat dalam mengirimkan SMS ke kantor polsek haruai. Dari kepolisi juga memerlukan kemudahan dalam memberikan informasi dan kantibmas dengan mudah. Menyebabkan informasi yang akan di sampaikan atau di butuhkan masyarakat tidak terjangkau secara cepat dan tepat.
Teknologi SMS gateway ini memiliki kelebihan yaitu informasi yang disampaikan langsung diterima oleh masyarakat tanpa mengakses internet terlebih dahulu, biaya yang murah dan tidak memerlukan akses jaringan yang besar sehingga masyarakat yang berada di daerah terpencil tidak akan kesulitan mengakses informasi yang diinginkan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan CodeIgniter yang menjadikan suatu struktur pemrograman yang sangat rapi, baik dari segi kode maupun struktur file phpnya dan Gammu SMS Engine untuk menghubungkan modem dengan komputer. Gammu dapat diimplementasikan ke dalam berbagai bahasa pemrograman seperti PHP dan dapat digunakan fungsinya sesuai kebutuhan. gammu SMS engine adalah aplikasi pengolah pesan yang tidak melakukan pengiriman SMS massal pada kebanyakan SMS gateway. Gammu berfungsi sebagai antar muka yang menghubungkan modem dengan komputer. Pada aplikasi di rancang memiliki menu broadcast, SMS terjadwal, auto responder, SMS signature, menu grafik SMS, grafik SMS masuk perbulan, grafik SMS masuk pertahun, grafik SMS keluar perbulan dan grafik SMS keluar pertahun.
Dari pengujian yang dilakukan, hasil pengujian fungsional pada sisi admin dan pada sisi operator semua menu dalam aplikasi berjalan 100% sesuai dengan analisis fungsional yang di harapkan. Pada pengujian SMS Auto responder dari 15 format SMS dapat membalas otomatis SMS sesuai format yang di request. Dengan melakukan 5 pengujian respon sistem di peroleh rata-rata waktu respon adalah 28,8 seconds.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02