PENGGUNAAN METODE FSM UNTUK MUSUH PADA GAME MUSHROOM HUNTER

  • Rifaldi Teguh Andriansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, FSM. Unity

Abstract

Game merupakan permainan dengan mengunakan media elektronik dan dibuat semenarik mungkin. Game juga merupakan animasi interaktif yang dapat berinteraksi dengan pemainya. Pada game Mushroom Hunter terdapat 4 elemen utama yaitu representasi, interaksi, konflik, dan keamanan. Terkadang dalam sebuah game musuh tidak ada perlawanan ketika sedang didekati. Dalam hal ini sebuah game memiliki unsur penting yaitu kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang mengatur tindakan sesuai dengan program yang dibuat..
Dengan menggunakan kecerdasan buatan game menjadi menarik untuk dimainkan. Game Mushroom Hunter ini menggunakan metode FSM untuk mengatur tingkah laku pada musuh dimana keputusan musuh di tentukan oleh jarak pada player. FSM sendiri terdiri dari serangkaian state yang menentukan keputusan. Setiap state dapat berpindah ke state lainnya jika memenuhi kondisi yang telah ditentukan sebelumnya. Dan membuat pemain harus berfikir untuk memecahkan permasalahan pada state-nya. Dalam pembuatan game ini menggunakan program tool engine Unity 2017.
Hasil pengujian fungsional menyimpulkan aplikasi game berjalan dengan baik, sesuai dengan yang diharpkan. Dan pengujian kepada user nenunjukan nilai dari 15 responden mendapat nilai baik 11.29 sedangkan nilai cukup 3,43. Nilai kurang pada game 0,21. Kebanyakan pengguna menilai game ini baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02