APLIKASI RESERVASI DAN MEMBER LAPANGAN FUTSAL DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN METODE NAVIGASI WAYPOINT BERBASIS ANDROID

  • Yosnard Jackson Adu Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Reservasi Futsal, GPS, Navigasi Waypoint

Abstract

Trend bisnis yang menjanjikan salah satunya adalah persewaan lapangan futsal, selain pulsa elektrik, jasa fotocopy, warnet dan lain sebagainya. Seperti persewaan lapangan futsal di kota malang yang memiliki banyak tempat dengan intensitas transaksi yang tinggi. Namun pelayanan yang ada saat ini masih berjalan secara manual. Petugas masih memanfaatkan buku manual dalam melakukan manajemen jadwal lapangan. Proses reservasi juga cukup merepotkan petugas karena pelanggan sering melakukan pemesanan secara mendadak.
Oleh karena itu diperlukan suatu sistem aplikasi berbasis mobile phone yang dapatmemudahkan pelanggan malakukan proses reservasi, akses informasi lokasi terdekat, dan manajemen jadwal. Dalam aplikasi ini memanfaatkan salah satu metode pada Global Positioning System (GPS) yang sudah terintegrasi di dalam perangkat mobile berbasis system operasi android yaitu Metode Navigasi Waypoint.
Hasil dari sistem yang diciptakan adalah sebuah aplikasi pemesanan lapangan futsal yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan dan pembayaran. Pengelola juga dimudahkan dalam pengolahan data pemesanan, pembayaran, pelanggan, sehingga dengan adanya aplikasi ini pengelolaan menjadi lebih efektif dan efisien.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode navigasi waypoint dapat di terapkan pada aplikasi reservasi dan member lapangan futsal yang dapat menemukan titik lokasi terdekat atau rute terdekat dalam melakukan pencarian lokasi lapangan futsal di kota malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02