RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN KEBUDAYAAN KABUPATEN ENDE BERBASIS ANDROID

  • Alanus Raro Rega Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android Studio, Android Device, Kabupaten Ende, Lio-Ende, Kebudayaan

Abstract

Kabupaten Ende terletak di tengah-tengah pulau Flores. Penduduk asli orang Ende biasa disebut orang Lio-Ende. Daerah ini memiliki 2 sistem kebahasaan yakni bahasa Lio dan Ende. Masyarakat Lio-Ende memiliki kekayaan akan kebudayaan kesenian diantaranya seni tarian, seni musik, seni rupa. Di sisi lain juga Lio-Ende juga memiliki berbagai hidangan khas dan cerita rakyat.
Metode pembuatan aplikasi yaitu menggunakan metode pengumpulan data dari informasi dari berbagai sumber, serta menyiapkan software yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi. Langkah berikutnya yaitu membangun aplikasi dengan Android Studio sebagai media pembuatannya dan yang terakhir proses finishing aplikasi kemudian diimplementasikan ke Android Device.
Berdasarkan hasil uji aplikasi pada user dengan menggunakan kuisioner di dapatkan 86% user menyatakan aplikasi mudah dipahami.Sedangkan 72% user menyatakan bahwa aplikasi sudah memenuhi kelengkapan berbagai budaya, artinya aplikasi ini masih perlu penambahan informasinya. Aplikasi Pembelajaran dan Pengenalan Android ini dapat dijalankan pada smartphone bersistem android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28