IMPLEMENTASI FACE DETECTION MENGGUNAKAN METODE VIOLA JONES UNTUK MEMBANTU MEMPERMUDAH PROSES COUNTER PENGUNJUNG GEDUNG

  • M. Nur Inrawansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Face Detection, Metode Viola Jones, Counter

Abstract

Proses counter dilakukan hampir di setiap gedung yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Akan tetapi beberapa perusahaan melalukan proses counter masih dilakukan secara manual. Beberapa peneletian telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan deteksi wajah yang kemudian akan digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung.
Untuk membuat aplikasi tersebut peneliti menggunakan metode viola jones dengan sofware VB 2010 dengan bahasa C Sharp atau C#. Untuk pembuatannya menggunakan beberapa library seperti Open CV, Emgu CV. Program ini dapat merekam siapa saja yang keluar dan masuknya seseorang dalam bangunan tersebut.
Dalam pengujian aplikasi ini dapat menghitung orang yang telah terdeteksi oleh kamera dan dapat menghitung orang lebih dari satu secara real time. Dari pegujian yang sudah dilakukan aplikasi yang dibuat belum dapat berjalan jika orang yang akan deteksi lebih dari satu, memakai kacamata, memiliki model rambut yang menutupi sebagian wajah dan beberapa user atau pengunjung yang menggunakan kerudung yang modelnya menutup sebagian dari wajah. Faktor cahaya, camera dan spesifikasi computer yang digunakan sangat berpengaruh dalam aplikasi “Implementasi face detection menggunakan metode Viola Jones untuk membantu mempermudah proses counter pengunjung gedung”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28