PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS ANDROID STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA ITN MALANG

  • Yenni Indri Darmayanti Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, Sistem Informasi Akademik, Android Studio

Abstract

Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Android adalah aplikasi yang dapat menampilkan isi informasi dari website tanpa harus menggunakan browser. Pada aplikasi ini, kaprodi dapat melihat nilai dan tagihan pembayaran setiap mahasiswa yang tanpa perlu membuka browser ataupun datang langsung ke kampus untuk mendapatkan informas terserbut.
Maka dari itu, penulis membuat pengembangan aplikasi sistem informasi akademik yang dikhususkan untuk kaprodi, khusunya lagi untuk kaprodi pada Teknik Informatika. Aplikasi berbasis Android ini memiliki akses yang cepat sehingga kaprodi yang biasanya mengakses sistem informasi akademik melalui browser, saat ini dapat menggunakan aplikasi yang telah terpasang pada perangkat mobile kaprodi. Aplikasi ini terdiri dari aplikasi mobile yang digunakan oleh user dan aplikasi web yang akan digunakan oleh admin untuk menginput data agar terkoneksi oleh aplikasi mobile yang dimiliki oleh user.
Dari hasil pengujian aplikasi mobile yang dimiliki oleh user, aplikasi ini menggunakan IDE Android Studio dan dapat menjalankan fungsionalitas secara baik. Aplikasi ini dapat digunakan pada API 16: Android 4.1 (Jelly Bean), API 21: Android 5.0 (Lollipop) dan juga API 23: Android 6.0 (Marshmallow). Ketika kaprodi ingin melihat data yang diinginkan, semua perangkat dapat melakukan hal tersebut dengan tidak adanya error. Kemudian pengujian pada web admin yang dilakukan dengan menggunakan dua browser yaitu: Google Chrome versi 54.0.2840.99m (64 bit) dan Mozilla Firefox versi 50.0.2, dapat dikatakan berhasil tanpa adanya error.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28