SISTEM PAKAR PENGGUNAAN OBAT ANALGETIK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Sharon Mururoa Siahaan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: kesehatan, rasa nyeri, obat analgetik, sistem pakar, web, certainty factor

Abstract

Kesehatan memiliki peran penting dalam kebutuhan masyarakat. Kesehatan merupakan salah satu aspek yang sangat menentukan dalam membangun unsur manusia agar memiliki kualitas seperti yang di harapkan. Rasa nyeri merupakan penyakit umum yang sering terjadi di masyarakat. Rasa nyeri bisa terjadi secara tiba-tiba sehingga dapat mengganggu fungsi sosial dan kualitas hidup penderitamya. Analgetik adalah obat yang dapat mengurangi atau menghilangkan sementara rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran pada penderitanya.
Sistem pakar dirancang sebagai alat bantu untuk mengdiagnosa suatu penyakit diantarannya adalah penyakit nyeri, dengan berbasis web sebagai pengetahuan yang dinamis. Sistem pakar merupakan sistem komputer yang dapat menggantikan peran seorang ahli untuk memberikan diagnosa atau keputusan yang pasti. Metode sistem pakar yang dipakai adalah certainty factor. Pada sistem akan menampilkan gejala yang akan dipilih oleh user, pada setiap pilihan gejala, sistem akan menghasilkan diagnosa penyakit dan obat yang dikonsumsi beserta dosis.
Hasil pengujian pada simulasi program dan perhitungan manual memiliki nilai presentase error 0%. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada Mozilla firefox, Google Chrome dan Internet Explorer berjalan 100%. Pengujian diagnosa memiliki tingkat kepuasan pengguna aplikasi sebanyak 74% menyatakan bahwa aplikasi diagnosa penggunaan obat analgetik baik, 18% mengatakan cukup dan 8%mengatakan kurang. Sedemikian, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis web ini dapat membantu pengguna (user) untuk mendiagnosa obat analgetik berdasarkan gejala.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28