E-COMMERCE PADA TOKO ELCO INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG

  • Intan Refiyantiningsih Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: E-Commerce, B2C, Website, Toko Elco

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, pengguna internet semakin meninggkat di Indonesia. Dengan kondisi perekonomian di Indonesia yang masih dapat dikatakan tidak stabil, maka tidak mendapat jaminan kerja yang aman bagi semua kalangan. Berkembangnya suatu teknologi juga berdampak besar yaitu persaingan ketat dalam dunia bisnis. Bisnis online dapat dijadikan salah satu pilihan yang tepat untuk mendapatkan suatu penghasilan tambahan maupun penghasilan tetap dari bisnis di internet. Toko Elco merupakan perusahaan dagang bergerak di bidang penjualan tas khususnya tas wanita. Proses penjualan pada Toko Elco masih bersifat manual dimana pelanggan harus mendatangi Toko Elco untuk dapat melakukan pembelian sebuah produk. Dengan begitu pelanggan tidak bisa menyingkat waktu dalam pembelian produk, serta tidak memperoleh sebuah informasi dengan cepat.
E-Commerce pada Toko Elco menggunakan model bisnis B2C (Bussines to Consumer) berbasis website. E-Commerce pada Toko Elco mengacu pada beberapa masalah yang dihadapi saat ini. E-Commerce pada Toko Elco merupakan sebuah langkah atau solusi untuk meningkatkan penghasilan dalam berdagang, memudahkan pelanggang dalam pembelian sebuah produk, menyingkat waktu dalam pembelian produk, memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi produk yang dijual, serta pelanggang akan mendapatkan konfirmasi untuk pengiriman barang melaui media email.
Pengujian E-Commerce pada Toko Elco telah diujikan kepada 20 responden yang diantaranya 10 responden untuk pengujian sistem user dan 10 responden untuk pengujian sistem admin yang diantaranya termasuk pemilik toko sendiri. Dalam pengujian sistem user didapatkan nilai 98% menyatakan sistem berfungsi dengan baik dan 2% menyatakan sistem tidak berfungsi dengan baik, serta dalam pengujian sistem admin didapatkan nilai 98% menyatakan sistem berfungsi dengan baik dan 2% menyatakan sistem tidak berfungsi dengan baik. Kemudian pada pengujian fungsional di beberapa web browser diantaranya Mozila Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer telah berhasil dalam pegujian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28