SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN CALON PROGRAMMER MENGGUNAKAN METODE SAW (Simple Additive Weighting) BERBASIS ANDROID (Studi Kasus di Martinez Software House)

  • Yadid Taqwa Miftaqul Huda Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, SAW(Simple Additive Weighting), Programmer, Android

Abstract

Teknologi smartphone memiliki peranan penting dalam membantu proses pekerjaan disemua bidang untuk pengolahan data pada sebuah instansi atau perusahaan maupun individu, termasuk di dalamnya adalah proses pengolahan data berupa sistem pendukung keputusan pemilihan calon programmer di Martinez Software House Surabaya, dimana Martinez Software House merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan aplikasi atau software berbasis desktop, web, dan mobile (Android dan iOS). Setiap tahun, perusahaan tersebut melakukan perekrutan calon programmer untuk menambah kualitas kinerja perusahaan tersebut, dan pendataannya untuk menentukan keputusannya masih manual sehingga data yang dihasilkan tidak efektif dan banyak mengalami kesalahan. Sistem pendukung keputusan merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer dan juga termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Salah satu metode yang digunakan didalam sistem pendukung keputusan adalah metode SAW (Simple Additive Weighting), dimana metode SAW adalah metode penjumlahan terbobot, dan konsep dari metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif di semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Metode SAW (Simple Additive Weighting) diambil karena dianggap paling tepat karena metode SAW dapat menentukan nilai bobot pada setiap atributnya, kemudian pada tahap selanjutnya dilakukan perengkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik.
Berdasarkan pengujian user terhadap 10 responden, memperoleh nilai yang signifikan dari 5 poin pertanyaan yang diberikan, yaitu 76% memilih pilihan ya, 22% memilih pilihan cukup, dan 2% memilih pilihan kurang. Dan secara fungsional, sistem dapat berjalan pada Android versi minimal 2.1 (Eclair) dengan resolusi layar device minimal 2,8 inches.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28