PENERAPAN ALGORITMA FUZZY LOGIC SUGENO PADA SISTEM PEMBERI MAKAN LOBSTER OTOMATIS DAN MONITORING KEKERUHAN AIR

  • Abel Halomoan K. Tambunan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Lobster Air Tawar, Fuzzy Logic Sugeno, Website, Sensor Turbidity, Sensor SRF

Abstract

Membicarakan tentang usaha budidaya lobster di Indonesia memang tidak ada habisnya, khususnya pada budidaya lobster pada aquarium, yang berhubungan dengan kualitas lobster dimana kualitas lobster di pengaruhi oleh kualitas air pada aquarium dan pemberian pakan, berangkat dari hal tersebut menggerakan penulis memutar otak untuk mencari ide. Di mana penulis membahas tentang tindakan yang dapat dilakukan agar memudahkan pembudidaya lobster dalam mengolah budidaya lobster di dalam aquarium.
Penulis membuat sebuah sistem pemberi makan lobster aquarium otomatis, yang nantinya dapat juga digunakan untuk monitoring kualitas air aquarium lobster dan stok pakan lobster dengan pengolahan data menggunakan metode fuzzy logic sugeno berbasis website, yang diharapkan pemilik aquarium lobster lebih bisa untuk meningkat hasil dari budidaya lobster.
Kesimpulan dari hasil dari pengujian yaitu dengan adanya sensor tubidity sebagai pendeteksi kekeruhan air dan sensor SRF sebagai pengukur ketinggian stok pakan, maka dapat memudahkan pemilik lobster untuk mengetahui status kondisi kekeruhan air aquarium lobster dan mengetahui status ketinggian stok pakan untuk pemberian pakan lobster secara otomatis. Pengujian yang diperoleh yaitu pada sensor tubidity terhadap air bersih didapatkan nilai sebesar 90.90%, pada air sedang sebesar 50.49%, dan pada air kotor sebesar 40.53%. Error pengujian pada sensor SRF dengan mistar didapatkan sebesar 5%. Pengujian fungsional pada website Penerapan Algoritma Fuzzy Logic Sugeno pada Sistem Pemberi Makan Lobster Otomatis dan Monitoring Kekeruhan Air dapat berjalan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28