PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME STREET LOVE CHALLENGE BERBASIS DEKSTOP

  • Satnowo Hanantio Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Adventure, Finite State Machine, Artificial Intelligence, Street Love Challenge, adobe flash

Abstract

Game merupakan sebuah sarana hiburan bagi beberapa kalangan, tidak hanya anak-anak saja melainkan juga orang dewasa. Game pada saat ini dibagi menjadi 2 bagian yakni game tradisional dan game modern. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak game-game tradisional yang tersisih karena dianggap kalah bersaing dengan game modern yang berkembang saat ini. Sebuah game biasanya dikelompokkan berdasarkan dari ganrenya masing-masing dengan tujuan, agar para pemain tidak hanya memainkan game saja tetapi mengetahui tipe atau genre game apa yang sedang dimainkan.
Metode Finite State Machine adalah salah satu metode yang sering digunakan untuk beberapa jenis game atau genre game, metode Finite State Machine digunakan guna untuk memberi interaksi antara pemain dan musuh. Musuh dalam game dibangu menggunakan sebuah kecerdasan buatan atau sering disebut dengan AI (Artificial Intelligence) merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Game adventure adalah jenis game yang memberikan sensasi petualangan kepada pemainnya, game adventure juga adalah salah satu jenis game yang menggunakan metode Finite State Machine didalamnya.
Penerapan dari beberapa fungsi seperti fungsi game, kontrol game, dan juga fungsi pada AI berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Seperti pada pengujian AI, bahwa semua AI yang ada didalam game dapat berjalan dengan tingkat keberhasilan 100%, lalu pada pengujian fungsional game dapat disimpulkan bahwa semua fungsi dapat berjalan 100% sesuai dengan yang diharapkan, dan pada pengujian kontrol player, dapat disimpulkan bahwa semua kontrol pada game dapat berjalan 100% sesuai dengan yang diharapkan. Serta pada pengujian pengguna menunjukkan bahwa desain dan juga effect pada game dapat berjalan dengan baik dengan presentase 80% mengatakan baik dan 20% mengatakan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28