SISTEM MONITORING DAN KONTROLING PADA SMART BUILDING DENGAN PENERAPAN IOT (Internet of Things)

  • Akh. Farid Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Building, IOT, Arduino, Website

Abstract

Building merupakan sebuah sarana yang sangat dibutuhkan untuk para pengusaha, selain itu building juga bisa difungsikan sebagai tempat bisnis yang bisa membuahkan hasil yang lumayan besar. Terdapat beberapa masalah tentang keberadaan building pada saat ini, yaitu untuk memonitoring lampu dan sensor sebuah building seorang pemilik atau pengguna harus melihat satu persatu keadaan ruangan yang terdapat pada gedung tersebut, serta sistem kontroling untuk menghidupkan atau mematikan lampu masih dilakukan secara manual. Dari beberapa masalah tersebut, maka dibutuhkan sistem yang bisa memonitoring dan kontroling pada smart building tersebut agar dapat dilakukan secara otomatis. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem monitoring dan kontroling dengan berbasiskan aplikasi website yang responsive dengan penerapan iot (internet of things).
Metode perancangan yang diterapkan dalam pembuatan alat yaitu merancang bahan yang dibutuhkan untuk sistem, setelah itu mendesain sistem yang akan dibuat serta menganalisa sistem kerja alat, dan selanjutnya perakitan alat yaitu perakitan mikrokontroler Arduino Mega2560 dengan sensor DHT11 dan sensor LDR serta perakitan modul ESP8266 untuk sistem komunikasi sistem berbasis wifi. Setelah alat selesai dirakit selanjutnya pemrograman alat, agar alat dapat bekerja seperti yang di inginkan maka harus ditanamkan sebuah program atau source code yang berdasarkan bahasa pemrograman. Setelah alat ditanamkan program atau source code, alat akan diuji berdasarkan kualitas sistem kerja alat.
Sistem yang dibuat dapat memonitoring intentensitas cahaya, kondisi lampu, suhu dan kelembapan serta mengontrol lampu pada smart building melalui aplikasi website, komunikasi sistem menggunakan modul wifi ESP8266 untuk send dan request data pada web server dari jarak jauh, serta menggunakan konsep IoT (Internet of Things), dan Aplikasi sistem monitoring dan kontroling pada smart building dapat berjalan di operating sistem android version 6.1 (mashmellow) dan 5.1 (lollipop), sedangkan di operating sistem android version 4.1 (kitkat) tidak bisa di install dan dijalankan karena aplikasi merupakan website responsive yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan di build menjadi sebuah aplikasi di android studio, sehingga aplikasi tidak sepenuhnya dapat compatible pada operating system android karena ada beberapa library yang tidak support.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28