ASISTEN VIRTUAL BAGI PENDERITA TB (TUBERKULOSIS) BERBASIS ANDROID DENGAN FITUR SOS MENGGUNAKAN METODE LBS (LOCATION BASED SERVICE)

  • Kurnia Ilham Cipto Hartono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Tuberkulosis (TB), SOS, Android, Asisten Virtual, Location Based Service (LBS)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan lamanya waktu sembuh penderita Tuberkulosis (TB) adalah ketidakdisiplinan dalam hal minum obat dan periksa ke dokter. Ketidakdisiplinan ini juga dapat mengakibatkan penderita TB yang sudah sembuh menjadi kambuh lagi. Penulis ingin memberikan solusi terkait permasalahan ketidakdisiplinan penderita TB untuk minum obat dan periksa ke dokter atau rumah sakit. Penulis mengembangkan sebuah aplikasi yang bernama Asisten Virtual Bagi Penderita TB (Tuberkulosis) Berbasis Android Dengan Fitur SOS Menggunakan Metode LBS (Location Based Service).
Asisten virtual bagi penderita TB merupakan aplikasi yang dapat secara otomatis memberikan jadwal minum obat dan tanggal periksa bagi penderita TB. Fitur utamanya adalah memberikan notifikasi alarm jika waktunya minum obat dan waktunya periksa ke dokter. Tujuannya adalah untuk membantu para penderita TB agar disiplin minum obat dan periksa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, membantu penderita TB agar sembuh dari sakitnya dengan tuntas dan tidak kambuh lagi akibat terlambat atau tidak minum obat, serta memberikan sumbangsih bagi dunia kesehatan. Fitur tambahan berupa tombol SOS yang dapat membantu pasien saat membutuhkan bantuan, aplikasi akan mengirimkan posisi pasien saat itu kepada kerabat pasien dan dokter yang telah terdaftar.
Berdasarkan hasil pengujian fungsional, fungsi penjadwalan, yaitu proses simpan jadwal sampai dengan notifikasi alarm dan fungsi SOS, mulai dari pengiriman SOS sampai dengan push notification, dapat berjalan dengan lancar saat device dalam kondisi on, fungsi login dan register 100% sudah sesuai, fungsi berdasarkan hak akses 83.3% telah berjalan sesuai dengan dengan kebutuhan aplikasi, dan aplikasi tidak dapat dipasang pada Android dengan versi dibawah 4.0 akibat penggunaan Android SDK (Software Development Kit) minimal versi 14 dan library FCM (Firebase Cloud Messaging) 9.4 yang tidak mendukung Android versi rendah. Pada pengujian akurasi koordinat SOS (lokasi pasien) didapatkan selisih jarak rata-rata 100.4 meter pada Google Maps V2, 71 meter pada Waze serta rata-rata akumulasi jarak pada Google Maps V2 dan Waze adalah 85.7 meter. Hasil pengujian user menunjukkan bahwa 50% pengguna menilai tampilan aplikasi sudah baik, 62.5% pengguna menilai aplikasi mudah digunakan, 62.5% pengguna menilai fitur alarm sudah baik, 75% pengguna menilai fitur SOS sudah baik, dan 75% pengguna menilai aplikasi ini bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28