PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERHOTELAN BUDI LUHUR (LP3BL) DENGAN METODE TOPSIS

  • Kahpi Harhab Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan,Technique For Order Prefences By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS), Kampus LP3BL

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru merupakan kegiatan wajib yang yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi yang dilakukan setiap tahunnya. Dalam proses peneriaan mahasiswa baru, biasanya pihak kampus melakukan berbagai seleksi melalui beberapa tes yang harus diujikan kepada setiap calon mahasiswa. Begitupun dengan Kampus Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perhotelan Budi Luhur (LP3BL) merupakan salah satu lembaga pendidikan di Lombok Barat yang mulai banyak diminati oleh para siswa siswi yang baru saja lulus dari sekolah mereka. Terbukti dari data calon peserta didik yang setiap tahunnya semakin meningkat. Proses penerimaan mahasiswa baru pada kampus Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perhotelan Budi Luhur (LP3BL) ini masih sederhana, dimana panitia menyeleksi data calon peserta didik yang sudah memenuhi syarat pendaftaran dan melakukan semua tes, kemudian data nilai dari setiap tes tersebut akan dimasukkan ke Excel.
Proses penyeleksian penerimaan mahasiswa baru pada kampus ini menggunakan metode Technique For Order Prefences By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) dimana pada metode TOPSIS ini terdapat 5 proses perhitungan yaitu menentukan matriks keputusan ternormalisasi, matriks keputusan ternormalisasi terbobot, solusi ideal positif dan negatif, menentukan jarak antara nilai terbobot tiap alternatif terhadap solusi ideal positif dan negatif, menghitung kedekatan setiap kandidat. Hasil akhir dari proses penerimaan mahasiswa baru ini berupa data nama mahasiswa yang diterima dan tidak diterima berdasarkan nilai bobot preferensi yang didapatkan.
Pengujian fungsional pada sistem ini dapat berjalan 100% dalam hal tampilan dan fungsi pada 3 sistem operasi yaitu Windows 7, Windows 8, Windows 10. Rata-rata presentase error pada proses perhitungan secara manual dengan program yang dibuat yaitu 9,8 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28