SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT LEUKEMIA MENGGUNAKAN DEMPSTER SHAFER BERBASIS ANDROID

  • Ahmad Sulkhan Yusuf M. Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pakar, Leukemia, Dempster Shafer, Android

Abstract

Leukemia merupakan penyakit yang jarang orang mengetahui gejala-gejalanya. Untuk mengetahui gejala leukemia pasien harus menemui atau memeriksakan dirinya ke seorang Dokter ahli penyakit dalam. Ada beberapa kendala dalam menemui dokter ahli, diantaranya: jarak yang jauh dengan dengan rumah sakit, minimnya biaya, serta kurangnya waktu luang.
Sistem pakar ini menggunakan metode dempster shafer sebagai perhitungannya. Demspter shafer merupakan suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan believe function (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) atau dalam hal ini adalah gejala-gejala penyakit leukemia. Terdapat 4 macam penyakit leukemia, diantaranya; Leukemia Limfosit Akut (LLA), Leukemia Limfosit Kronik (LLK), Leukemia Mielosit Akut(LMA) dan Leukemia Mielosit Kronik(LMK).
Sistem ini digunakan sebagai diagnosis awal pasien yang diduga menderita penyakit leukemia. Keluaran dari sistem ini adalah persentase dari penyakit leukemia serta jenis penyakit leukemia yang diderita pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28