SISTEM PEMBAYARAN KANTIN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID

  • A.Nurul Rahman Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: RFID, Visual Basic 2010, Kantin, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Institut Teknologi Nasional Malang merupakan salah satu Institut yang memiliki jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan yang cukup banyak, tak jarang para penjual di kantin merasa kesulitan dalam melakukan transaksi dan seringkali terjadinya kesalahan dalam menghitung jumlah transaksi karena masih dilakukan secara manual. Pada penelitian ini telah dikembangkan sistem pembayaran yang menggunakan teknologi RFID. RFID akan memanfaatkan sensor dalam membaca data yang akan membantu dalam proses transaksi.
Perancangan aplikasi RFID pada sistem pembayaran kantin. Aplikasi ini dirancang sebagai proses transaksi yang ada pada kantin. Transaksi-transaksi yang ada pada kantin meliputi proses pemesanan dan pembayaran. Dalam perancangan aplikasi RFID pada sistem pembayaran kantin ini menggunakan Visual Studio 2010 yang terhubung dengan RFID Card melalui RFID Reader dimana nantinya akan menjadi perantara antara petugas kasir dengan user atau anggota.
Dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Pembayan Kantin Menggunakan Teknologi RFID telah didesain untuk mempermudah para penjaga kantin dalam melakukan proses penjualan dan dapat menambah efisiensi waktu dalam melakukan transaksi. Dari hasil pengujian dapat diketahui aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk pembacaan data pada RFID, fungsi transaksi dan pendataan anggota berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28