PENERAPAN METODE FRAME DIFFERENCE PADA SISTEM DETEKSI GERAKAN BERBASIS ANDROID

  • Dodik Rismawan Affrudin Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Motion Detection, Frame Difference, Background Substraction, Komputer Vision, Metode Motion Detection, Aforge.Net

Abstract

Banyaknya tindakan kriminalitas seperti pencurian dan perampokan pada setiap rumah. Hal tersebut membuat pemilik rumah tidak nyaman, selain itu tindakan kriminalitas pencurian dan perampokan sangat banyak yang pelakunya sulit ditemukan dikarenakan kurang kuatnya bukti yang ada. Tindakan kriminalitas tersebut dapat terjadi dikarenakan tingkat keamanannya yang lemah. Di era digital ini memang seharusnya ada sistem yang setidaknya dapat membantu tingkat keamanan dalam rumah. Sehingga pemilik rumah tidak was – was ketika dia tidak berada di rumah.
Sistem yang dibangun pada penelitian ini merupakan perangkat lunak pendeteksi gerakan berbasis desktop dengan menggunakan Visual Studio 2010 dan mobile dengan menggunakan Eclipse Luna yang dapat dioperasikan di sistem operasi Windows beserta aplikasi androidnya yang akan dioperasikan di smartphone. Sistem pendeteksi gerakan ini berjalan dengan model Client Server dimana untuk aplikasi yang bertindak sebagai servernya adalah aplikasi desktopnya kemudian untuk client adalah aplikasi yang berada pada smartphone android.
Hasil dari penelitian ini berupa perangkat lunak yang dapat membantu pihak berwajib dalam penyelidikan kasus pencurian, dimana aplikasi ini sudah dapat menangkap adanya sebuah pergerakan yang lewat pada kamera, serta aplikasi sudah mampu di integrasikan ke android dengan berupa notifikasi pemberitahuan kepada pemilik rumah dengan presentase keberhasilan 95%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28