PENGEMBANGAN GAME “MONSTERS ISLAND” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN METODE PATH FINDING

  • Aditya Safarine Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Genre, Strategy, AI, FSM dan Pathfinding, Unity3D

Abstract

Game merupakan sebuah sarana hiburan bagi beberapa kalangan, tidak hanya anak-anak saja melainkan juga orang dewasa baik pria maupun wanita. Game pada saat ini dibagi menjadi 2 bagian yakni game tradisional dan game modern. Sebuah game biasanya dikelompokkan berdasarkan ganrenya masing-masing dengan tujuan, agar para pemain tidak hanya memainkan game saja tetapi mengetahui tipe atau genre game apa yang sedang dimainkan.
Pada pembuatan game terdapat banyak metode yang digunakan untuk membuat game lebih menarik, contohnya Finite State Machines (FSM) yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Algoritma A Star(A*) adalah algoritma pencarian terbaik dalam mencari jalur terpendek dengan menentukan jarak terpendek antara simpul awal menuju simpul akhir, pada game yang penulis buat akan menggunakan metode FSM dan Pathfinding yang cukup bagus digunakan untuk mendukung sebuah game..
Dari hasil pengujian fungsional, pengujian AI (Artificial Intelegence) dan Control berjalan sesuai yang diharapkan. Dari pengujian performa game dapat dijalankan dikomputer dengan aspek RAM 1-4GB, VGA minimal 1GB, dengan OS Windows 7 hingga 10 32 dan 64 bit. Dari hasil pengujian pengguna 7 dari 10 orang menyatakan desain dan tampilan karakter“Monsters Island” baik dengan presentase 70% dan sisa 3 lainnya menyatakan kurang dengan persentase 30%. Untuk tingkat kesulitan 7 dari 10 orang menyatakan baik dengan presentase 70%, 2 menyatakan kurang dengan persentase 20% dan 1 menyatakan cukup dengan presentase 10%. Untuk kontrol permainan 8 dari 10 orang menyatakan baik dengan presentase 80% dan sisa 2 lainnya menyatakan cukup dengan presentase 20%. Untuk fitur yang terdapat pada game 7 dari 10 orang menyatakan baik dengan persentase 70% dan sisa 3 lainnya menyatakan cukup dengan persentase 30%. Untuk informasi game 6 dari 10 menyatakan baik dengan persentase 60% dan sisa 4 lainnya menyatakan cukup dengan persentase 40%. Dan untuk apakah game Monsters Island menarik atau tidak 7 dari 10 orang menyatakan baik dengan persentase 70%, 2 menyatakan cukup dengan persentase 20% dan 1 menyatakan kurang dengan persentase 10%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28