RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA KEBAYA UNTUK DRESSMAKER BERBASIS ANDROID

  • Mega Widia Agustina Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kebaya, Dressmaker, Android

Abstract

Kebaya sebagai pakaian tradisional wanita Indonesia merupakan salah satu aset budaya nasional yang harus dijaga kelestariannya. Atas dasar hal tersebut, beberapa orang perancang kebaya telah mengembangkan kebaya melalui berbagai modifikasi menjadi busana yang fashionable dan kembali diminati. Dengan berbagai model serta motif yang cantik dan elegan. Tak heran bila kebaya menjadi kebanggaan budaya kita, karena hanya bangsa Indonesia lah yang memiliki warisan budaya ini. Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan membuat kebaya memiliki beragam model pula.
Android merupakan sistem operasi mobile yang saat ini kemajuannya semakin berkembang dengan pesat. Dengan kemajuan sistem operasi ini yang semakin maju penulis memanfaatkan Android untuk membuat aplikasi pembelajaran membuat pola kebaya untuk penjahit pemula menggunakan Android. Aplikasi ini memberikan pengetahuan dan keterampilan pada bidang jahit menjahit kepada pemula penjahit dengan harapan agar mereka mampu bekerja atau menciptakan lapangan kerja pada bidang jahit menjahit.
Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan button menu. Aplikasi ini dapat memudahkan para penjahit membuat pola kebaya. Aplikasi ini memberikan informasi kepada para penjahit pemula bagaimana cara awal membuat pola sampai akhirnya menjadi sebuah baju, dilengkapi dengan gambar beserta teks penjelasan dari informasi yang ditampilkan. Oleh sebab itu tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar penjahit dapat memperoleh informasi mengenai tutorial pembuatan kebaya dengan mudah dengan cara yang menyenangkan karena pada masa perkembangan teknologi sekarang setiap orang sudah menggunakan smartphone. Tentu saja aplikasi ini kelak dapat dibuat lebih menarik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28