PENGEMBANGAN GAME HOROR 3 DIMENSI SUANGGI MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

  • Bondan Prakoso Waas Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, horor, FSM (Finite State Machine)

Abstract

Dari tahun ke tahun perkembangan game sudah mulai pesa. Di tahun 2016 game kini telah banyak menggunakan teknologi virtual reality dan augmanted reality. Dengan adanya teknologi tersebut peminat game mulai bertambah banyak bukan hanya pada anak-anak saja yang bermain melainkan orang dewasa dan orang tua mulai bermain game juga.
AI (Artificial Intelligence) sering digunakan dalam sebuah game untuk menentukan tingkah laku NPC (Non Player Charakter). AI juga menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic. Kecerdasan adalah kemampuan mempe;ajari lingkungan. FSM (Finite State Machine) adalah salah satu AI yang merupakan metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).
Hasil dari pengujian berdasarkan pengujian fungsional metode FSM (Finite State Machine) dapat diterapkan pada game 3 dimensi bergenre FPS (First Person Shooter), adventure dan horo dengan indikasi musuh dapat berinteraksi terhadap player dalam kondisi tertentu. Hasilnya respon musuh didalam game Suanggi, berjalan sesuai dengan rancangan kecerdasan buatan yang telah ditentukan. Game Suanggi hanya dapat berjalan pada platform desktop.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28