SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KUCING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Rizki Adetama Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit, kucing

Abstract

Kucing memiliki banyak penyakit yang susah diidentifikasi oleh orang awam. Sebagian besar pemilik kucing tidak mengetahui apa saja penyakit yang timbul dari gejala – gejala pada kucing. Pemilik kucing kadang mengalami dalam mendiagnosis penyakit yang dialami oleh kucing, maka pemilik kucing harus melaungkan waktu untuk pergi ke dokter hewan dan tidak setiap daerah terdapat dokter hewan.
Dalam bidang informatika, permasalahab seperti ini dapat diatasi dengan adanya sistem pakar yang kemudian dapat difungsikan sementara sebagai pengganti dokter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode certainty factor yang merupakan metode untuk mendefinisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang dihadapi, Data sistem ini diambil dari buku Ilmu penyakit pada hewan kesayangan Anjing (Canine Medicine) karangan Gadjah Mada University Press yang kemudian divalidasi oleh drh. Adhi Prakasa. Dengan 17 penyakit dan 42 gejala. Sistem ini memiliki 16 aturan. dimana masing-masing diagnosis memiliki solusi. Dengan adanya sistem pakar ini diharapkan dapat membantu pemilik kucing atau masyrakat yang ingin mendeteksi penyakit yang diderita oleh kucing.
Hasil pengujian keakuratan metode baik melaui perangkat lunak maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama dan nilai presentase kecocokan 100%. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada browser seperti Google Chrome, Mozila firefox dan Opera.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28