PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA SISTEM PEDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN DI KAWASAN KOTA MADYA MALANG

  • Mely Fatmawati Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process, Perumahan, Kota Malang, PHP, MySQL

Abstract

Perumahan merupakan salah satu tempat ideal dimana masyarakat ingin membeli sebuah rumah. Perkembangan perumahan di Kota Malang saat ini semakin pesat, hal tersebut membuat konsumen kesulitan mencari perumahan dikota malang sesuai dengan keinginan dari kriteria perumahan yang dipilihnya. Pemilihan perumahan perlu beberapa pertimbangan yang harus di mengerti masyarakat. Pada proses pemilihan Perumahan sebelumnya, dalam memilih atau menentukan tempat perumahan yang akan ditempati, konsumen perlu mencari banyak brosur dan mengunjungi banyak website perumahan. dan tidak jarang juga konsumen yang memilih perumahan dengan sembarangan, salah satunya dikarenakan mengikuti ajakan teman atau tawaran dari orang lain sehingga sering terjadi kesalahan dalam pemilihan yang akan menimbulkan penyesalan dan keluhan.
Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan konsumen dalam proses pemilihan perumahan di Kawasan Kota Malang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang digunakan adalah fasilitas umum, keamanan, harga dan lebar jalan. Aplikasi dalam penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database menggunakan MySQL.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dari proses pengujian fungsional pada mozila, chrome dan opera berjalan 100% sesuai dengan fungsinya. Output dari aplikasi ini dapat membantu pengambil keputusan dalam memilih alternatif perumahan yang diharapkannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28