SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KERUSAKAN MESIN KAWASAKI TIPE BR200A MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

  • Didik Prakoso Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pakar, Metode Certainty Factor, motor Kawasaki tipe BR200A

Abstract

Untuk melakukan diagnosis kerusakan pada sepeda motor kususnya Kawasaki tipe mesin BR200A di dalam suatu club atau komunitas motor dibutuhkan seorang mekanik yang ahli di bidangnya. Mekanik di dalam komunitas tersebut mendiagnosis kerusakan pada mesin Kawasaki tipe BR200A masih menggunakan cara manual. Sedangkan jumlah mekanik dalam komunitas motor tersebut masih minim, dengan anggota yang berjumlah lebih banyak dari jumlah mekanik sehingga tidak efektif dan memerlukan banyak waktu untuk memperbaik kerusakan motor tersebut. Untuk mengatasi permasalan tersebut dibutuhkan dapat memanfaatkan teknologi dengan membangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mesin Kawasaki Tipe BR200A berbasis web. Hasil dari diagnosis sistem ini berupa informasi hasil diagnosis gejala , kerusakan dan solusi terhadap kerusakan mesin Kawasaki tipe BR200A.
Sistem pakar yang dibangun berbasis web. Sistem ini digunakan oleh pengguna(anggota), admin, dan pakar/ahli.Sistem pakar akan memberikan data kerusakan tersebut dan solusinya kepada anggota yang mengalami masalah pada sepeda motornya dengan metode penelusuran yang digunakan yaitu Certainty Faktor. Data gejala, kerusan, dan solusi pada mesin Kawasaki tipe BR200A didapatkan dari seorang pakar mekanik dari club motor Naked Wolves Indonesia(NWI), yaitu club motor khusus Kawasaki tipe mesin BR200A saja. Didalam sistem pakar ini terdapat 3 kriteria yang termasuk 18 gejala, 27 kerusakan dan 27 solusi perbaikannya.
Hasil pengujian keakuratan metode ini baik melalui simulasi program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai anggota(pengguna) berjalan sesuai fungsinya pada 3 browser yaitu Google Chrome 39.0, Mozilla Firefox 34.0 dan UC browser semua fungsi dari system berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28