PEMBUATAN GAME WAY OF THE STUDENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)

  • Muhammad Agung Prakoso Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Way of The Student, Artificial Intelligence, FSM, tradisional, modern

Abstract

Permainan atau sering disebut dengan game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Game ini terdiri dari game tradisional dan game moderen. Game tradisional merupakan segala bentuk permainan yang telah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun-menurun dari generasi ke generasi. Biasanya game tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat mencerminkan warna kebudayaan setempat. Sedangkan game modern merupakan game yang disajikan pada suatu piranti atau perangkat teknologi dan dimainkan secara virtual. Media teknologi yang digunakan, yaitu console, komputer, handphone dan elektronik lainnya. Seiring perkembangan teknologi, game tradisional ini sudah jarang dimainkan dan kalah bersaing dari game modern.
Pada suatu game pasti terdapat AI ( Artificial Intelligence) tertentu. Pemanfaatan sistem kecerdasan buatan ini diantaranya adalah untuk pembuatan musuh yang cerdas. Berbicara tentang Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, salah satu teknologi komputer dan mesin yang terus berkembang ini merupakan salah satu bagian dari ilmu informatika yang mempunyai banyak sekali jenis algoritma. Terdapat banyak metode yang bisa digunakan dalam pembuatan AI dalam game, salah satunya yaitu metode Finite State Machines (FSM). Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan Action (aksi).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28